Rabu, 30 Desember 2009

Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan (SIAP) Online


SIAP Online (http://www.siap-online.com)
hadir memadukan beragam sistem dan aplikasi online yang dibutuhkan oleh sekolah, guru, siswa, dan orangtua/wali siswa dengan instan tidak merepotkan(Daftarkan segera akun SIAP Online Anda dengan mudah).
SIAP Online mampu mengelola data dan informasi pendidikan dengan lebih cepat, mudah, akurat, terpadu dan berkesinambungan dari mulai tingkat sekolah, dinas pendidikan kota, kabupaten, propinsi hingga pusat (depdiknas). Semua kemampuan yang tersedia sangatlah terjangkau, berbiaya investasi rendah dengan nilai manfaat sangat tinggi (Pelajari selengkapnya alasan utama Anda menggunakan SIAP Online).
Kemampuan SIAP Online jauh lebih unggul daripada produk sejenis lainnya (Pelajari dan bandingkan).Dengan menggunakan model Software as a Services (Saas) teknologi terkini, SIAP Online mampu memberikan total solusi layanan aplikasi online pendidikan dengan BANYAK KEUNTUNGAN untuk Anda, yaitu:


Keuntungan

Mudah Tanpa Instalasi

  • SIAP Online 100% berbasis web !
  • Langsung pakai, mudah, cepat, instan dan tidak repot.
  • Hanya dengan PC/Laptop yang terkoneksi Internet, Anda dapat mengakses semua fasilitas layanan dari SIAP Online.

Akses 24 Jam

  • SIAP Online aktif 24 jam !
  • Tersedia setiap saat, akses kapan saja dan dari mana saja melalui Handphone, Laptop & Komputer.
  • Berbagi data dan informasi antar sekolah, guru, siswa dan para ortu/wali menjadi lebih menyenangkan, cepat, akurat dan nyaman.

Gratis Pemutakhiran

  • SIAP Online bebas biaya pemutakhiran !
  • Selalu terbarukan dengan perkembangan teknologi terkini.
  • Biarkan para pengembang (developer) profesional kami yang bekerja memutakhirkannya tanpa membebani dan merepotkan Anda.

Pengguna Tidak Terbatas

  • SIAP Online pusat sinergi komunitas pendidikan !
  • Akses untuk semua guru, siswa dan para ortu/wali siswa se-Indonesia
  • Berapapun jumlah mereka di sekolah Anda. Silakan, beri mereka akun akses ke layanan SIAP Onlline dengan bebas.
Semua kemampuan tersebut bisa Anda dapatkan dengan GRATIS (Bebas Biaya)



Sabtu, 19 Desember 2009

Fenomema Profesi Guru TIK


Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut.

Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan perubahan yang sangat cepat. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. “Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi
informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja” hal tersebut disampaikan oleh Firman Oktora, sebagai narasumber pada kegiatan Kuliah Umum "Profesi Guru TIK dan Peranannya dalam Pengembangan TIK di Dunia Pendidikan" di Audiotorium FPMIPA UPI Bandung, Rabu 2 Desember 2009.



Materi
TIK di tingkat sekolah seyogyanya tidak memaksakan untuk mencetak siswa menjadi seorang yang berprofesi bidang TIK, karena memang di tingkat sekolah bidang minat siswa masih heterogen, oleh karena itu sebagai mata pelajaran wajib, Materi TIK lebih ke arah melatih siswa untuk Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Tapi kalau pun ada siswa
yang bidang minat dan kemampuannya dibidang TIK, maka bisa diakomodasi oleh program Pengembangan Diri, yaitu melalui Ekstrakurikuler atau Klub Siswa IT yang juga tetap di bimbing oleh Guru TIK itu sendiri, ungkap Firman Oktora yang juga Ketua Asosiasi Guru Mata Pelajaran (AGMP) TIK Jawa Barat.
Sementara ini realita yang terjadi banyak guru teknologi informasi dan komunikasi yang diisi oleh guru mata pelajaran lain (mismatch) dan atau oleh praktisi teknologi informasi dan komunikasi yang belum dibekali ilmu kependidikan. Mengenai penetapan persyaratan kualifikasi akademis untuk guru TIK, saat ini memang masih beragam di tiap kab/kota namun seyogyanya memenuhi kualifikasi akademis DIV / S1 program studi
yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampu-nya dan memiliki akta mengajar, sementara program studi yang bersentuhan dengan TIK ini antara lain Ilmu Komputer, Teknik Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Pendidikan Ilmu Komputer, alangkah bijaknya pemerintah sebagai regulator untuk tanggap dalam mengakomodasi lulusan program studi tersebut agar ketersediaan guru TIK yang berkompeten dapat
terpenuhi, sehingga tujuan dari mata pelajaran TIK akan tercapai secara optimal. Ungkap Firman , mengakhiri materi pada kegiatan kuliah umum yang diikuti oleh ratusan mahasiswa UPI Bandung tersebut. “Tanpa bekal base knowledge dan experience yang cukup, guru TIK akan sulit untuk mengajarkan materi TIK secara optimal. Kegiatan seperti olimpiade komputer juga membutuhkan penguasaan materi yang mendalam dari guru
pembimbing. Apalagi dengan diterapkan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) , beberapa sekolah, terutama di kota besar menerapkan standar kompetensi yang lebih tinggi. Dibutuhkan guru TIK yang mendapat pendidikan formal ilmu pendidikan sekaligus ilmu teknologi informasi. "Untuk mengantisipasi hal ini, UPI sejak 2005 telah membuka Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer yang menghasilkan sarjana pendidikan dengan akta IV dan telah menghasilkan lulusan pertamanya tahun ini" Ungkap Ketua Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer UPI, Yudi Wibisono dalam sambutannya.

Rabu, 09 Desember 2009

Ayo Guru TIK...kamu pasti bisa

Ujian CPNSD Jawa Tengah telah berlangsung kemarin tanggal 6 Desember 2009, tercatat ada 3000 peserta yang memperebutkan 236 formasi di Purworejo, tidak ada formasi GURU TIK SMP di Kab. Purworejo, namun banyak sekali formasi D3 Komputer yang dipersiapkan untuk menjadi Pranata Komputer. Bagi para Guru TIK SMP yang mempunyai ijasah D3 Komputer, ayo kalian semua pasti bisa lolos, kami para pengurus MGMP TIK SMP turut mendukung sepenuhnya cita-cita anda menjadi PNS, bila akhirnya nanti diterima PNS baik sebagai guru maupun tidak, tetaplah kembangkan dunia IT di kota kita tercinta ini, khususnya untuk bidang pendidikan anak-anak didik kita semua. Kita jalin kerjasama yang makin solid.