Rabu, 02 Februari 2011

Workshop Penguatan KTSP TIK Berkarakter

Pada tanggal 13 Januari 2011 bertempat di Aula SMP Negeri 4 Purworejo dilaksanakan kegiatan Workshop Penguatan KTSP TIK Berkarakter. Acara yang akan berlangsung hingga tanggal 17 Februari 2011 tersebut dibuka oleh Koordinator Mapel TIK SMP Kab. Purworejo, Bp. Muh. Saefuddin, M.Pd. Dalam sambutannya beliau mempertajam kembali peran TIK dalam pembelajaran di era digital ini, terutama dalam proses akademik, baik itu hubungannya dengan kedinasan maupun administrasi. Sebagai contoh adalah pengiriman hasil Ujian Nasional yang dikirim melalui E-Mail. Dengan semakin besar peran TIK ini, diharapkan stakeholder juga ikut mendukung, begitu pula dengan SDM Guru TIK, sehingga peningkatan kompetensi dan koordinasi yang solid perlu terus ditingkatkan.
Pada hari pertama Workshop, pembicara yang mengisi adalah Bp. Drs. Subiyanto, selaku Pengawas SMP Kab. Purworejo. Beliau menyampaikan materi Pendidikan Karakter Bangsa. Dengan dukungan multimedia yang sangat menarik, peserta diajak untuk sejenak melakukan refleksi bahwa peranan guru TIK adalah benteng terakhir dalam pendidikan karakter khusunya yang berhubungan dengan teknologi informasi komunikasi. Dimana sekarang makin marak penyalahgunaan teknologi, seperti pornografi, penipuan, bullying dan lainnya. Brainstroming yang disampaikan oleh beliau sangat menarik, sehingga waktu yang tersedia pun tidak mencukupi untuk penyampaian materi. 
Pada sesi terakhir, disampaikan teknis implementasi pendidikan karakter pada perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran. Materi ini disampaikan oleh Drs. Susantoro, selaku fasilitator Mapel TIK Kab. Purworejo. Beliau menjelaskan cara untuk mengintegrasikan pendidikan karakter bangsa ke dalam Mapel TIK. Selain itu, para peserta diajak untuk membuat perangkat pembelajaran yang berbasis pendidikan karakter. 
Workshop ini berlangsung setiap hari kamis bertepatan dengan hari MGMP TIK SMP Kab. Purworejo. Namun dalam pelaksanaannya kadang terkendala dengan jadwal TUC UN yang diselenggarakan oleh MKKS SMP Kab. Purworejo, sehingga jadwal workshop harus menyesuaikan. 
Selamat melaksanan Workshop, tetap jaga semangat dan kompak selalu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar